Open Knowledge

Knowledge Should Be Free

Akses Internet Broadband SmartFren Sangat Payah!

Posted by dwisantoso on September 14, 2010

SmartFren

Adalah layanan kolaborasi yang dirilis oleh Smart Telecom dan Mobile-8 dengan memakai teknologi CDMA EV-DO Rev. A yang mampu memberikan downstream bandwidth hingga 3,1 Mbps dan upstream bandwidth hingga 1,8 Mbps. Bahkan di beberapa daerah, Smart Telecom telah mengimplementasikan CDMA EV-DO Rev.B yang lebih hebat daripada Rev.A. Teknologi itu menjadi pesaing kuat HSUPA di ranah GSM.

Paket Akses Internet Tak Terbatas SmartFren

Ya! Tidak terbatas berarti tanpa kuota/jatah; kini semua operator GSM masih memberlakukan kuota dan FUP. Tarif akses tersebut dapat dlihat di gambar di bawah ini atau secara langsung di situs Smart Telecom.

Semua paket kecuali Ultimate adalah akses internet yang dibagi (shared connection) sehingga akses yang anda lakukan ke situs lokal pun melalui jalur yang dibagi-bagi (shared bandwidth). Saya membeli modem SmartFren ZTE AC2726i yang dibundel dengan paket promosi Platinum gratis selama 100 hari.

Paket Ultimate adalah akses internet yang privat. Anda mendapat alamat IP publik (dynamic public IP address) dan bandwidth yang tidak dibagi-bagi (not shared). Itu adalah penjelasan dari Customer Care Representative namun belum saya coba karena paket Platinum belumlah habis. Jika akses internet seperti ini memang benar dan sesuai dengan penjelasan dari pihak Smart maka dia akan menjadi pesaing berat TelkomSpeedy paket Familia, Executive dan bahkan Biz !

Laju Akses Internet SmartFren Payah!

Ya! Payah! Tidak sesuai dengan moto/slogan Smart yaitu Hebat, Hemat. Saya yang mendapat sinyal EVDO dan memakai paket akses Platinum tidaklah mendapat laju akses internet seperti yang diharapkan bahkan sama dengan paket akses Silver karena laju rata-rata pengunduhan (download mean speed) tidak lebih dari 512 Kbps ! Laju tertinggi yang pernah saya dapat adalah 1,1 Mbps namun hanya beberapa detik dan setelah itu tidak dialami lagi :-(

Customer Care Representative maupun teknisi memberikan alasan serupa yang tidak masuk akal bagi saya yang sudah dibekali ilmu dan pengetahuan tentang teknologi informasi dan manajemen. “Pak, daerah anda sudah padat. Jatah sudah terpakai sekitar 90%.” ujar sang teknisi. Bagi saya, jatah terpakai 100% pun seharusnya tidak membuat pelanggan paket Platinum merasa seperti pelanggan paket Silver atau Reguler! Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa Smart Telecom tidak memikirkan tentang hal ini sebelum mempromosikan produk akses internetnya sebagai produk yang tercepat bahkan … priiit! … harus pakai helm karena terkesan sangat cepat.

Analisis Dasar Akses Internet yang Payah ini.

Permasalahan:

  • Tidak punya situs penguji kecepatan (bandwidth meter/connection speed test) milik sendiri
  • Laju pengunduhan (download speed) dari situs Indowebster sangat lambat bahkan jika dibandingkan dengan TelkomSpeedy paket Socialia

Enam buah alamat IP privat (private local IP address) menunjukkan kuantitas jalur “birokrasi” sebelum tiba di gerbang akhir dari LAN milik Smart Telecom yaitu 202.70.62.169. Wow! Semoga saja jalur “birokrasi” yang cukup panjang itu tidak signifikan (berarti) pada kelambatan yang kalian akan alami. Selanjutnya anda melalui suatu ISP yang bernama Cepat.Net sebelum ke situs yang dituju yaitu Indowebster.com yang dikelola oleh sebuah ISP yang bernama Maxindo Mitra Solusi

Jelas terlihat bahwa gerbang (gateway) 202.70.62.169 yang bertugas membagi (sharing) koneksi namun pembagian bandwidth yang diterapkan tidaklah adil. Seakan-akan pihak Smart Telecom dapat mengelak/menampik (Bahasa Gaul: ngeles) seperti berikut:

Di daftar tarif sudah tertulis bahwa download max 3,1 Mbps.
Jika beruntung maka bisa mendapat laju 3,1 Mbps

Tentulah pernyataan tersebut di atas tidak masuk akal. Pelanggan paket Reguler, Silver dan Platinum haruslah dibedakan karena harga yang mereka bayar tidak sama. Apakah anda setuju jika bayaran beda tetapi hasilnya sama?
Saya masih mengalami kelambatan sampai kini dan hal ini akan saya proses melalui YLKI jika pihak Smart Telecom tidak lekas melakukan tindakan korektif.

Kesimpulan (diperbarui pada 13 Nov 2010)

  • Jika anda butuh akses internet cepat & bergerak (fast mobile internet connection) untuk aktivitas jelajah (browsing), pengunduhan (downloading) maupun penulisan (blogging) maka jangan beli modem SmartFren berteknologi CDMA EV-DO Rev A. Anda cukup membeli modem CDMA yang memiliki kecepatan maksimum 512 Kbps ! Mengapa? Karena bandwidth rata-rata yang akan anda dapatkan adalah itu walau memakai modem SmartFren ZTE 2726i dan paket Platinum/Ultimate. Ini saya dapatkan setelah masa gratis internet 100 hari habis, lalu beli paket Ultimate harian … ternyata kecepatan yang saya dapat sama saja. Silakan lihat album foto dokumentasi hasil ujicoba tersebut.
  • Jika anda senang mengunduh (download) dari situs lokal maka produk Telkom Speedy menjadi pilihan yang lebih baik karena akses ke situs lokal tidaklah dibagi-bagi (shared) dengan para pelanggan Telkom Speedy. Hal ini sudah saya buktikan sendiri ketika mengunduh film dan audio dari situs http://www.indowebster.com
  • Jika anda suka mengunduh dari situs di luar negeri maka modem SmartFren menjadi pilihan yang lebih baik daripada Telkom Speedy atau produk lain. Karena sudah saya buktikan sendiri ketika mengunduh serial TV The Vampire Diaries dan SmallVille. Laju maksimumnya lebih cepat daripada laju maksimum jika mengunduh dari http://www.indowebster.com atau situs lokal lain.
  • Jika masa promo pemakaian internet gratis 100 hari telah habis maka anda tak usah beli paket Platinum atau Ultimate. Beli saja paket Silver.

Sangkalan (Disclaimer)

  • Anda mungkin mengalami hal yang berbeda karena kepadatan (densitas) pemakai SmartFren di wilayah cakupan sinyal EV-DO Rev A adalah berbeda-beda.
  • Kesimpulan dapat berubah berdasarkan hasil pengamatan (observasi) berkelanjutan; karena saya masih memakai modem SmartFren yang tidak smart ini ;-)
  • Artikel ini saya buat demi mencerdaskan rakyat Indonesia dan mengingatkan para pebisnis agar melakukan bisnis secara jujur, terbuka dan bijaksana. Agar jangan membiasakan sesumbar demi menggaet pelanggan baru.

58 Responses to “Akses Internet Broadband SmartFren Sangat Payah!”

  1. Jimmy joe said

    Mantaaabbb Bro…………….

    Lanjutkan perjuanganmu,…tolong di Update perkembangannya di Milist.btw pelayanan YLKI lambrete….knp ga coba hub P’nurul dari IDTUG 081389543540 kebetulan beliau pernah mem praperadilkan Telkomsel dlm hal layanan Telkom flashnya dan akhirnya dimenangkan IDTUG. sekedar sharing saja bro

  2. Free Ebook said

    Thanks for your info…

  3. Rahmat said

    Saya juga mengalami hal yang sama, ternyata Paket Internet Platinum = Regular :(( hmmmm ga hebat niy gimana kalo slogannya diganti aja jadi Ndobos Boros

  4. david said

    gw dukung lo kita salimg dukung bersama

  5. vicky said

    Bro, gua dukung lu 1000%, lu email gw aja klo butuh dukungan ato sharing

  6. arif said

    mas saya mau tanya untuk kasus ini yang punya smart apa smarfren?soalnya setahu saya beda..kalo yag smartfren kan isi ulangnya pake fren..mohon infonya..

  7. Alwy said

    Keren bgt sob.kamu bnr2 hebat.aku tunggu update slanjut’a ttg prjuanganmu.
    Semangat…

  8. salim said

    sy juga mengalami hal yg sama,paket platinum,modem ZTE2726,tp downrate cuma 2kbps,padahal signal full abisss.kalau di pingtest RTO mulu,complain udah,tanggapan klise,yah kita orang Indonesia adalah konsuman yang lemah,dan sapi perahan pengusaha2.

  9. salim said

    gimana yah class action kita?om momod mohon pencerahannya…

    • dwisantoso said

      Saya berpikir sebaliknya yaitu masuk ke sistem yaitu perusahaan Smart lalu ubah dari dalam. Lebih susah namun menantang.

  10. salim said

    rasanya kalau lewat YLKI tidak akan di tanggapi deh,paling juga di denger doang..

  11. salim said

    terjebak lingkaran setan iklan

  12. kecong said

    jempollll bro …..mantap kebetulan bru ada sales yg nawarin smartfren.hehehehehe setelah baca ini ga jadi ahhhhhh..

  13. m. suyono said

    Benar sampean broo, aku tanggal 8 Desember 2010 beli smart fren hanya satu hari saja lancar besoknya sudah sangat lemot. tidak sesuai dengan slogannya. smart memang perampok dan penjahat juga penipu. aku dukung kamu broo dari Gresik.

  14. m. suyono said

    Ayo kita Laporkan Smartfren ke polisi tentang penipuan terhadap konsumen. Kita berlangganan paket Platinum eeee pelayanannya dikasih Reguler. Smart memang Payah yah yah yah. jadi teman-teman bilangin jangan boleh beli modem smart Fren tipe AC2726i sayang kalau nanti kena tipu.

  15. Vespa HoLLic said

    waduh, pdhal 3 jam yang lalu baru saja saya beli HP modem seri E329 yang dual sim on….
    skrg masih hebat sih, belum terbukti keburukannya.
    tp makasih buat infonya…

  16. rudy said

    Yth. YLKI, DEPKOMINFO, dan pembaca sekalian di forum ini,

    Di forum ini, saya ingin menyampaikan testimoni /berita kesaksian mengenai ‘tindak kriminal’ yang dilakukan fihak SMARTFREN terhadap para konsumennya. Selama ini dari berbagai postingan yang disampaikan ke forum ini bisa dikatakan‘keji’ (mulai dari kecepatan akses data yang lemot kayak keong, sampai aksi hacking yang mengobrak-abrik setingan MTU pada Windows serta penghapusan pada sebagian instalasi modem driver seperti yang dikatakan para konsumen sebelumnya). Namun ternyata bukan itu saja kejahatan yang dilakukan SMARTFREN. Barusan yang saya alami adalah: PEMOTONGAN SECARA DIAM-DIAM TERHADAP PULSA UTAMA! Kronologi kejadian sbb:

    1.Koneksi internet saya sangat tidak layak (untuk membuka halaman web saja tidak bisa, bahkan sering disconnect). Saya membuka TASK MANAGER untuk melihat grafik koneksi lebih detail, dan yang saya lihat adalah: timbul-tenggelam (setumpuk kecil lalu tenggelam rata, setumpuk kecil lagi lalu tenggelam rata lagi), persis seperti… (maaf) KOTORAN ANJING. Lalu saya mencoba memeriksa setingan modem pada Windows saya, ternyata normal. Saya memeriksa lagi instalasi modem driver, juga normal. Lalu saya berpikir di bagian manakah kali ini yang didzalimin…?? Kemudian saya mencoba mengembalikan setelan PROFILES pada modem driver ke DEFAULT (username : dari 0888xxxxxxx ke m8 dan password: dari xxxxxx ke m8). Dan ternyata benar! Koneksi /speednya kembali normal. Saya merasa lega dan kembali browsing dengan tanpa hambatan. Tetapi saya terkejut saat saya merestart komputer, hp modem saya mendapat sms yang menyatakan agar segera melakukan isi ulang karena pulsa utama saya tinggal 6 ribuan lagi, yang sebelumnya hampir 50 ribuan. Saya heran jadinya. Bukankah layanan UNLIMITED saya masih berlaku hingga 10 januari 2011…?? Lalu mengapa hal ini terjadi..?? Kalaupun setelan PROFILES yang saya lakukan sebagai penyebabnya, mengapa hal ini sampai dapat memengaruhi jatah unlimited saya..?? Dan mengapa pula jawaban2 sebelumnya (sebelum saya merubah PROFILES) adalah: “…karena kami sedang melakukan migrasi system dan meningkatkan kapasitas jaringan”…?? Ini jelas suatu kebohongan untuk menutupi kebohongan sebelumnya.

    2.Cara menghitung tarif per kilobyte nya juga sangat tidak sesuai dengan apa yang tertulis (0.5 rupiah /kb). Masa hanya untuk browsing yang tidak lebih ½ jam (yang kalau ditotal cuma beberapa megabyte saja) sampai harus menguras 40 ribuan…?? Jadi sudah sangat jelaslah bagi kita, bahwa FREN yang sekarang bukanlah FREN yang dulu lagi. Hal ini pasti disebabkan oleh menyatunya antara FREN dengan SMART yang sudah sangat terkenal dengan aksi kejahatan serupa ini.

    Kepada para konsumen yang mengalami hal ini, anda tahu apa yang harus anda lakukan. Laporkan kejadian yang anda alami ke semua forum-forum pengaduan, baik Pemerintah (DEPKOMINFO), semi Pemerintah (YLKI), maupun yang non Pemerintah (blogger dsb)! Hanya dengan aksi demikianlah kita dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di negeri ini.

    Akhir kata, semoga fihak-fihak yang berwenang dalam hal ini kiranya dapat mengambil tindakan tegas yang diperlukan dalam menyikapi provider-provider kelas ‘tai anjing’ seperti ini.

    Wassalam,

  17. salimoemar said

    tuh smart telecom coba tolong lah dengar kan complain kami,jangan anggap kami bangsa Indonesia ini orang bodoh!kenapa tambah hari tambah bejad kwalitasnya?signal penuh,tp koneksi bejad,kenapa selama sy berlangganan,belum pernah ada manusia yg menjawab pada no,telp.customer servicenya?selalu cuma iklan2 yg memuakkan,apalagi yg harus kami lakukan agar kalian mau menanggapi kami?

  18. yakasaki said

    apa di medan-SU paket silver jg bisa bagus?

  19. Rama said

    Bodo saja yang make nya,boloho…

  20. joni said

    bagi pelanggan SMART jangan sekali2 membeli Paket Silver 512 Kbps dari SMART karena hal itu hanyalah omong kosong semata dari Provider bau kencur tsb . Nanti kalian akan menyesal krn speed yg dikasih berubah2 153-512 Kbps tapi kebanyakan speed standardnya yaitu 153 Kbps , anda harus nelpon berkali2 ke 881 utk meminta penjelasan Rp. 100 X 1000 = Rp. 100.000,- !!! Bisnis Pak Ogah dijalankan oleh SMART KONTOL !!!!

  21. recha said

    whaa, updatenya dunk gan, hehehe ditunggu

    • dwisantoso said

      Update akan segera ditayangkan setelah saya dapatkan hasil terbaru dari paket data yang dirilis oleh SmartFren.com. Tarif jenis layanan data yang dirilis oleh smart-telecom.co.id sudah tak berlaku. Mohon tunggu

  22. Ganti nama “STUPID” mending. Kmaren coba paket platinum malah busuk banget gd beda ma paket reguler

  23. rodes said

    sangat setuju..saya juga kesal…

  24. farhan said

    emang payah SMARTFREN, ane skr beralih ke AHA. Lambat laun SMARTFREN pasti ditinggalkan pelanggannya. ane DUKUNGkerja ente gan.

    • dwisantoso said

      Sesungguhnya, semua penyedia layanan koneksi internet seluler adalah payah. Mereka jago cuap-cuap di setiap iklan. Kenyataannya jauh berbeda. Untuk itulah saya cantumkan sangkalan (disclaimer) di akhir artikel.

  25. Jody said

    Sy pk smart fren paket 45000 unlimited, lokasi d bandung
    hasil speed test sbb:

    Last Result:
    Download Speed: 2008 kbps (251 KB/sec transfer rate)
    Upload Speed: 948 kbps (118.5 KB/sec transfer rate)
    Latency: 176 ms
    07 Juni 2011 10:24:59

    • dwisantoso said

      Wow! SmartFren sedang berbaik hati dengan me-nonaktif-kan QoS … hehe
      Padahal Rp 45.000 seharusnya hanya dapat 153 Kbps untuk download

  26. mirul hshswsws said

    mendingan lan 10 mbs gak bakal bohong itu

  27. Pratama said

    Saya sudah menggunakan layanan smart sejak belum bergabungnya smart menjadi smartfren, di daerah Bogor paket 3,1 Mbps-nya hanya sampai 1 Mbps dan itu pun jarang sekali, oleh karena itu saya selalu gunakan paket silver 512 Kbps dengan harga 75rb per bulan, sekarang (setelah menjadi smartfren) paket tersebut berubah menjadi 384 kbps dengan harga 90rb per bulan dengan embel2 “True Unlimited” alias tanpa quota. Saya pikir dengan bergabungnya smart+fren dan perubahan harga yang lebih mahal tentunya akan diiringi dengan peningkatan kualitas layanan, ternyata yang saya pikirkan itu salah, kecewa deh. Satu-satunya alasan saya masih menggunakan layanan smart karena harganya yg masih bisa dipertimbangkan dibanding operator lain. Kesimpulannya, menurut saya slogan smart hebat hemat itu diganti saja menjadi smart lambat hemat. :)

  28. yakasaki said

    makin “puosiing” saja dibuatnya sama tingkah-polah smartfren..!
    mencoba aktifkan paket unlimited new-silver special program,
    dapat responnya: “anda sdh berlangganan QoS ini”.!!
    daftarnya untuk unlimited 1(satu) bulan, dlm jangka 8 hari akses modemnya sudah matiii..!!
    meskipun saat ini sy dapat bonus 500MB internet s.d 22 juli,
    tapi saya ga mau lagi pake modem smartfren (EC1260-2).!!
    menjadi takut (ketar-ketir) kalo sisa pulsa saya terambil (tersedot) begitu sj secara semena-mena!!
    (*berkaca pada pengalaman buruk yg sy alami dg layanan internet smartfren sebelumnya!!).
    kapoook (?)

  29. Elangs said

    Hasil speedtest smartfren lokasi Bandung,modem Pantech PX550
    Windows XPSP3
    ———————-
    Last Result:
    Download Speed: 2270 kbps (283.8 KB/sec transfer rate)
    Upload Speed: 484 kbps (60.5 KB/sec transfer rate)
    Latency: 80 ms
    28 Juli 2011 2:17:31
    ——————————
    Last Result:
    Download Speed: 2319 kbps (289.9 KB/sec transfer rate)
    Upload Speed: 430 kbps (53.8 KB/sec transfer rate)
    Latency: 75 ms
    01 Agustus 2011 16:49:02

  30. Elangs said

    Hasil speedtest smartfren lokasi Bandung,modem Pantech PX550
    Windows XPSP3. paket 45rb
    ——————————————————————————
    Last Result:
    Download Speed: 2733 kbps (341.6 KB/sec transfer rate)
    Upload Speed: 592 kbps (74 KB/sec transfer rate)
    Latency: 80 ms
    Wed Aug 03 2011 13:04:09 GMT+0700 (SE Asia Standard Time)

  31. sompretto said

    Saya pengguna Smart merasa sangat kecewa dengan layanan internet Smart. Sebelum puasa browsing dan donlod masih lancar tapi sekarang Smart cuma bisa bertahan sampai jam 10 pagi. Lewat itu sampai dengan pukul 21 tewas deh Smart saya. Untuk browsing aja susah amiiirr. Apalagi buat donlod. Yang lebih menyebalkan lagi adalah bentar-bentar dc + RTO. Kayaknya bulan depan saya sudah tidak akan menggunakan Smart lagi.

  32. dewa said

    saya daftar reguler kok gak dikasih passwordnya ya?

  33. adi said

    sy barusan ngalami kerugian pake smartfren
    complain jg gk ada tangapan
    awal oktober sy beli modem 199rb dg free internet 1 bulan
    hari pertama coba seneng coz kecepatannaya lumayan kenceng
    pas hari kedua sampai ke lima ya ammpuuuuun LELET kyk keong
    akirnya baca2 panduan bawaan modem ,sy putuskan untuk upgrade kecepatan dg deposit 100rb
    ya lumayan lah naik dikit meski payah amat

    tp yg bikin sy kesel mustinya doposit 100rb itu kn bisa di pake u/ daftar paket bulan depannya
    eh 100rb sy ilang entah kemana ,complain ke smart cmn gk ada tangepan
    payah smartfren
    klo boleh sy bilang smartfren busuk banget kyk bangkai babi

    betul kata pak RUDI sy dukung
    makin banyak yg melaporkan masalah ini moga2 smartfren kena sanksi berat
    kareba sbg konsumen sy sangat di rugikan

    dan sampe skrg pulsa gk sy isi , kwatir klo hilang lagi

    dan untuk SMARTFREN ————->>> anjing u

  34. Budi Yakin said

    Dear All,

    Keluhan anda soal Layanan SmartFren layangkan ke BRTI Call Center 159 : info@brti.or.id
    Namun yang saya baca disini akan saya forward agar diselidiki lebih lanjut oleh BRTI, terutama berkait pemotongan pulsa

    Thanks Lot/bdyakin

  35. IDTUG said

    Mas Jimmy Joe,

    Thanks 4 your appreciation to IDTUG

    Kami saat ini juga sedang berjuang melawan Content Provider nakal penyedot pulsa, dengan segala rupa kedoknya termasuk melalui program UGB – Undian Gratis Berhadiah, yang sama sekali TIDAK GRATIS dan penuh tipu daya.

    IDTUG berkolaborasi dengan YLKI untuk beberapa issue Perlindungan Konsumen bidang telekomunikasi. Seperti kita tahu rekan2 YLKI punya pemahaman yang lebih generalis, sementara teman2 IDTUG punya pemahaman telekomunikasi yang lebih spesialis dan teknis.

    Sebelumnya kami sudah menggrounded Content Provider PT. CIA Mobile yang menjual program SMS Premium religius Mutiara Hati yang penuh tipuan. CP ini ternyata dimiliki keluarga petinggi T-SEL.

    Anda bisa kunjungi web sederhana IDTUG di http://www.id-tug.org

    Mohon doa dan dukungannya.

    IDTUG

    ++++++
    Jimmy Joe said

    September 19, 2010 at 3:47 PM
    Mantaaabbb Bro…………….

    Lanjutkan perjuanganmu,…tolong di Update perkembangannya di Milist.btw pelayanan YLKI lambrete….knp ga coba hub P’nurul dari IDTUG 081389543540 kebetulan beliau pernah mem praperadilkan Telkomsel dlm hal layanan Telkom flashnya dan akhirnya dimenangkan IDTUG. sekedar sharing saja bro

  36. Suparjo said

    Smart tuh busuk! Tadi daftar premium kirain akan mendapatkan speed premium. Eh tak tahunya cuma dapat speed reguler. EVDO apaan tuh! Dasar tukang tepu!

  37. semarprettzz said

    Smart sekarang makin busuk aja. Sinyal EVDO tapi speed mencret! Jangankan buat donlod. Buat browsing aja halaman mesti direfresh berkali-kali. Sering halaman hanya termuat setengah. Cobain donlod 36 MB 1,5 jam baru kelar. Tai busuk banget deh smart!

  38. smt yamaha said

    motto smartfren yang sekarang “i hate slow” malah semakin kontras dengan kinerja jaringannya.smenjak rilis paket EVDO series B kecepatan akses EVDO A semakin terpuruk.
    mudah mudahan hal ini cepet diperbaiki oleh smartfren , saya sudah 6 bulan lebih pemakain smartfren EVDO A

  39. bahri said

    Fuck off SMARTFREN, you lie to me….

  40. MenungguTemanSejati said

    Salam Merdeka…
    Saya setuju juga dengan semua keluhan (?) di atas. Atas nama pengguna dan pembeli jasa (??) saya sarankan Bung Admin (Bung DwiSantoso) mengajukan tuntutan saja, atau kita kuasakan saja… Agar pihak yang bertanggung jawab mengurusi (???) masalah traffic bandwidth internet untuk masyarakat beserta YLKI dan penyedia, salah satunya smartfren ini, membuka penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut, mendalam dan harus dilaporkan ke publik, seperti kasus pencurian dan penyedotan pulsa.
    Bahwa yang terlibat sebagai pelaku adalah pegawai rendah yang berkolangkongkalikong dengan pelaku kriminal pihak ketiga bukanlah masalah moralitas si penyedia jasa yang telah mendapat ijin berlandaskan undang-undang, melainkan strategi utama atas nama perusahaan berbadan hukum yang tentu saja pemikul tanggung jawabnya adalah pemimpin usaha dan pemiliknya sekaligus.
    Apakah kita semua akan menyaksikan lagi pemberangusan pelaku tindak kejahatan IT, atau pemberangusan pelapor kejahatan IT, ataukah tebengong-bengongnya para pengatur laku IT, belum tahu tentunya. Mari kita tunggu hasilnya bersama
    Salam Merdeka…

  41. Dika said

    sebetulnya semua ini salah pihak smartfren karena menyebarkan slogan “I Hate Slow” dan kelambatan ini disebabkan oleh kekurangan BTS pd pihak smartfren karena terlalu banyak pengguna. Seharusnya pihak smartfren menambah bts mereka agar semua mendaptkan jatah internet sesuai paket ;)

  42. Ucuz Otel said

    Ucuz Otel…

    [...]Akses Internet Broadband SmartFren Sangat Payah! « Open Knowledge[...]…

  43. aufa said

    wiisss… ternyata g cuma saya doang yang ngalamin begini,,,, sudah beberapa bulan akhir ini kecepatan download server local maupun non-local mencapai kurang lebih 500BYTES/SEC bukan 500KBPS…. hanya menjelang beberapa menit saja download saya mencapai maksimal 11kbps…. sinyal EVDO lokasi Palembang…. paket 100.000 Volume Based…..

    Semua Provider sama saja,,,,

    Super lelet mah iya… kenapa tuh iklan g diganti kura – kura balapan..ckckck :P

  44. Blitzkrieg said

    Kontol loe yg kecil mungkin sebanding dengan bukti yg loe kasih Smartpreeett, itu lah ciri khas provider selular di Indonesia…pada OMONG BESAR SEMUA Kyak anggota Dewan yang pada Korup.

  45. amirr said

    yaa .. saya sudah di bohongi juga. saya beli paket yang pasca bayar. 150 ribu tetapi kecepatan hanya 256, bagaimna ini gan. harus mengadu kesiapa ???

  46. semutlucu said

    Smartfren busuk banget sekarang! Sering RTO!

  47. dick said

    betul gan! mana ada larangan menggunakan layanan berbagi (seeder) (leecher) torrent. udah tau lelet (TA*) sma***ren

  48. Memang benar smartfren lelet. Mungkin slogan yang bagus itu ya “Smartfren lelet”. Daerah semarang kota sering mati, dan orak iso nyambung. Wis,… wis,.. parah. Asli loh, g boong

  49. Zick Keen said

    Mending kita semua pelanggan smartfren rame2 berbondong2 demo dengan pelayanan smartfren.
    Trus kita target, mau meningkatkan kualitas apa seluruh pelanggan boikot produk?

  50. Al Kasih said

    gw dari dulu pake smartfren asik2 aja bro. pake unlimited 45000. ngerasain enaknya klo udah malem, di atas jam 11 sampe jam 5. gw doanload sekaligus 10 software rata2 25mb, jalan lancar semua gak ada yang macet. :)

  51. Jay said

    Setuju Pak…. daerah bambu apus jakarta Timur sudah mengalami perlambatan speed sejak Tanggal 20 Nopember 2012 Dan hari ini adalah yang paling parah.

    Nampaknya metode bisnis yang digunakan oleh smartfren adalah “hit-and-Run”. Jadi dia sengaja memberikan kualitas yang baik di awal (dan rugi di awal)supaya bisa menghasilkan keuntungan yang luar biasa besar karena efek “word-of-mouth” dan berbagai strategi pemasaran.

    keuntungan lain yang saya duga adalah berasal dari penjualan saham. Otomatis harga saham akan melonjak tinggi apabila ada peningkatan penjualan dan “prospek” peningkatan penjualan. Hal ini akan menguntungkan pemilik saham karena dia bisa menjual dengan harga tinggi.

    Dan model bisnis “hit-and-run” ini sudah menjadi trend di Indonesia.

    Model bisnis dugaan saya yang lainnya adalah metode “Tendang konsumen”. Artinya konsumen ditendang-tendang seperti bola sepak (dioper-oper). Dengan demikian smartfren boleh jadi bekerjasama dengan operator lainnya. Jadi 2 tahun ini smartfrenlah yang menjadi idola, lalu berikutnya operator B, lalu operator C atau kembali lagi ke smartfren.

    Maka saran saya adalah sebaiknya membuat produk premium saja sekalian yang harganya mahal tapi kualitas oke agar hanya dapat dikonsumsi oleh konsumentertentu saja. Hal ini dikarenakan biaya internet yang oke punya memang mahal.

    Yah wajarlah kalo saya suzon, namanya juga sakit hati.

  52. ember edan said

    Ha…. memang smartfreen superpayah deh gw nyesel bnget beli smartfreen katanya super cepat and anti lelet malah lelet benar alias kbs gw gak bergerak sama sekali buka youtube dari jam 3 pagi sampai 4 pagi ke buka juga .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: